Program Pos Lansia Sebuah Upaya Atasi Keterbatasan Layanan Kesehatan

Tuesday, 17 May 2016

Tangerang, 17 Mei 2016 – Keterbatasan fisik dan akses layanan kesehatan yang cukup jauh jadi alasan bagi masyarakat golongan lansia (Lanjut usia) enggan mengontrol kesehatan. Mengatasi masalah ini tim kesehatan Rumah Sehat Wahana berikan layanan kontrol kesehatan kepada lansia di Ganda Sari, Jatiuwung Tangerang, Kamis (12/05).

Dihadiri 50 warga Lansia yang berasal dari tiga RT, kegiatan dengan tema ‘Pos Lansia’ berlangsung sejak pagi hari di salah satu rumah warga Ganda Sari. Dimulai dengan aktivitas senam ringan bagi lansia, kegiatan dilanjutkan dengan pengobatan dan Kontrol kesehatan. Adapun kontrol kesehatan yang dilakukan seputar masalah penyaklit degeneratif yang lazim diidap para lansia. Kontrol tersebut terdiri dari cek tekanan darah, kadar gula, hingga asam urat.

“ Program ini telah berjalan selama dua tahun yang lalu dan berjalan di minggu kedua di setiap bulan. Kegiatan ini adalah bentuk pemberian akses kesehatan bagi lansia yang  enggan memeriksa kondisi kesehatan karena berbagai hal,” papar Dr. Yesi selaku pimpinan kegiatan Pos Lansia. Dirinya menambahkan aktifitas ini dapatkan respon yang baik, karena para Lansia lebih semangat untuk menghadiri kegiatan ini.

Sementara itu, Ketua Yayasan WahanaArtha, Harmina menjelaskan jika ada indikasi masalah kesehatan lain, pasien Lansia ini di sarankan mendatangi Rumah Sehat Wahana untuk diagnosa lebih lanjut. “ Saat dilapangan memang tindakan kontrol kesehatan yang dilakukan hanya yang ringan. Jika ada masalah lain yang rasanya perlu perhatian lebih, kami menyarankan mereka untuk datang ke rumah Sehat Wahana,” paparnya.

Lansia merupakan golongan yang dianggap perlu untuk perhatian layanan kesehatan yang mencukupi. Itulah sebabnya Rumah Sehat Wahana gencar melakukan kegiatan yang ditujukan untuk Lansia khususnya yang tidak mampu untuk memiliki akses kesehatan yang layak. “ Semua orang berhak dapatkan layanan dan akses kesehatan yang layak dan baik tidak terkecuali bagi lansia,” tegas Harmina.

Rumah Sehat Wahana merupakan salah satu fokus kegiatan sosial Yayasan WahanaArtha di bidang kesehatan. Berada di lokasi Jatake Tangerang, Rumah Sehat Wahana hadir sebagai wadah bagi masyarakat sekitar yang tidak mampu untuk memeriksa kondisi kesehatan. Dua bidang lain yang menjadi perhatian Yayasan WahanaArtha ialah pendidikan dan lingkungan.

Didirikan pada 2012 silam organisasi sosial ini berperan aktif dalam peningkatan dan kualitas hidup masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan dengan komitmen untuk menyebarkan berbagai manfaat untuk masyarakat yang kurang mampu.