Astra Honda Motor Best Student 2016 Lahirkan Pengusaha Muda dari Jenjang Sekolah

Tuesday, 31 May 2016

The Young Entrepreneur ‘, itulah tema kompetisi bergengsi Astra Honda Motor Best Student 2016. Kontes yang dilaksanakan langsung Corporate Social Responsibility (CSR) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) ini berjalan ‘panas’ di gedung Wahana Artha, Senin (30/05) kemarin.

 Kompetisi ini bertujuan menumbuhkan kemampuan sekaligus kreatifitas tingkat pelajar SMA di bidang penelitian yang berguna tidak hanya bagi diri sendiri namun sekaligus masyarakat luas. Tidak hanya penelitian, kontes juga mendorong pelajar mampu berpikir kreatif dan kritis kearah pengembangan diri. Tahun ini, Astra Honda Motor Best Student 2016 merupakan gelaran yang ke 13. Pembukaan kontes pun langsung dapatkan respon baik dari pelajar berbagai SMA dan SMK di Jakarta Tangerang untuk ikut berlaga.

 “ Dari 20 makalah yang kami terima kami memutuskan hanya 10 pelajar yang memenuhi kriteria untuk mengikuti final dengan melakukan presentasi, “ papar Group Head of CSR Wahana Artha Group, Harmina Montang. Ditambahkannya, tidaklah mudah bagi pelajar mengikuti kompetisi ini. Seluruh makalah yang ikut diseleksi ketat, mulai dari masalah hingga metode penelitian yang sesui dengan metode penyajian karya tulis penelitian.

 Pemilihan tema The Young Entrepreneur merupakan refleksi perkembangan dunia pelajar saat ini. “ Kompetisi kali ini sengaja dipilih guna menumbuhkan sisi kreatifitas pelajar untuk menjadi entrepreneur sejak dini. Kita ketahui pelajar jarang memikirkan menjadi pengusaha dan hanya mengejar karir di sebuah perusahaan,” jelas Director of General Affairs and Human Resources Wahana, Andrea Soekamto yang memberikan sambutan pada kompetisi ini. Ia juga menambahkan bahwa kesempatan pada dunia entrepreneurship sangat baik dan menjanjikan.

 Saat kompetisi berlangsung, peserta berupaya menyuguhkan presentasi terbaik. Beragam ide dan inovasi di bidang bisnis bermunculan ala pelajar SMA. Mulai dari ide bisnis secara online hingga berbagai inovasi pembuatan produk – produk. Seorang peserta berkomentar tertantang dengan tema kompetisi ini. Menurutnya kompetisi mampu menumbuhkan sisi kreatifitas yang berpotensi menghasilkan pemasukan. “ Saya sangat tertarik dengan tema entrepreneur ini. Selain saya senang berjualan di sekolah, dengan kontes ini kita dapat mengetahui kelemahan dan keuntungan usaha kita dari komentar juri,” papar  Chynthia asal SMA 80 Jakarta yang berhasil membawa pulang piala juara ketiga.

 Tidak hanya tingkat regional Jakarta Tangerang, kompetisi ini juga akan di lanjutkan di tingkat nasional. Pada kompetisi ini, WMS memberikan hadiah uang jutaan rupiah bagi pelajar yang mampu menunjukkan kemampuannya.

Pemenang Astra Honda Motor Best Student 2016

 

  • Juara pertama, Suci dari SMAN 41 Jakarta, judul makalah “Nugget ikan sembilang meredakan rasa nyeri haid sebagai pemberdayaan ekonomi keluarga”.
  • Juara Kedua Vincent dari SMAN 40 Jakarta, judul makalah “Pemanfataan limbah kulit kerang dan urine sebagai stimulator pupuk ZA dan netralisator asam tanah”.
  • Juara Ketiga Chyntia dari SMAN 80 Jakarta, judul makalah “Magic kitty trash : Pembuatan tempat sampah pengaplikasian celengan sulap guna mningkatkan partisipasi siswa membuang sampah”.