Pos Lansia, Yayasan WahanaArtha Aksi Cek Kesehatan Lansia Jadi Prioritas

Wednesday, 25 May 2016

Rumah Sehat Wahana dibawah Yayasan Wahana Artha  kembali lakukan kontrol kesehatan Lansia (lanjut usia) langsung ke pemukiman mereka. Kegiatan sosial berlabel ‘Pos Lansia’ ini merupakan satu upaya mengontrol kesehatan Lansia yang memiliki keterbatasan akes layanan kesehatan yang cukup jauh dan keterbatasan fisik. Program sosial dibidang kesehatan khusus lansia menjadi fokus sejak dua tahun silam.

Dihadiri sebanyak 30 lansia di kampung Bunder, Tangerang tersebut berjalan sejak pagi pada Senin (23/05). Kontrol yang dilakukan tim Rumah Sehat Wahana berkisar pada masalah kesehatan yang lazim diidap lansia seperti cek gula darah, tekanan darah, hingga kontrol asam urat. Program rutin yang telah berjalan sejak dua tahun silam merupakan langkah dalam rangka memberikan kebutuhan lansia atas layanan  kesehatan yang baik.

“Tidak jarang kontrol kesehatan kepada lansia terabaikan. Entah sikap tidak peduli ataupun akses layanan yang jauh. Alasan tersebut  jadi langkah yang diambil Rumah Sehat Wahana untuk mendatangi langsung mereka,” jelas dr. Yesi. Ditambahkan dirinya, tidak hanya kontrol, menjaga kebugaran lansia juga dilakukan dengan senam khusus lansia. “ Pos lansia selanjutnya akan berlangsung di tiga lokasi lain di wilayah Tangerang seperti Cikoneng (07/06), Dumpit (10/06) dan Matagara (14/06),“ lanjutnya.

Senada dengan  dr. Yesi, ketua Yayasan Wahana Artha, Harmina mengakui selama ini kontrol kesehatan kepada lansia khususnya dari kalangan masyarakat tidak mampu terpinggirkan. “ Banyak masyarakat lansia kurang mampu mengabaikan kontrol kesehatan karena terbiasa dengan ungkapan takdir. Padahal pada usia ini mereka harus lebih intens dapatkan kontrol kesehatan,” paparnya. Itulah sebabnya kegiatan yang kesehatan Pos Lansia ini akan tetap berjalan.

Yayasan Wahana Artha miliki 3 fokus kegiatan sosial  yaitu kesehatan, lingkungan dan pendidikan. Pada bidang kesehatan, Rumah Sehat Wahana yang berlokasi di Jatake Tangerang ini sengaja didirikan sebagai akses layanan masyarakat tidak mampu di wilayah tersebut. Seluruh masyarakat sekitar bisa dan diharapkan untuk menggunakan layanan kesehatan yang telah berdiri sejak 2012 silam. “ Rumah Sehat Wahana merupakan layanan sosial yang kami adakan guna membantu masyarakat kurang mampu dalam mendapatkan layanan dan kontrol kesehatan yang layak, karena sehat milik semua,” Tutup Harmina.