Yayasan Wahana Artha (YWA) Manfaatkan Ribuan Liter Oli Bekas untuk Kegiatan Sosial

Wednesday, 08 March 2017

Memiliki 16 outlet resmi AHASS (Astra Honda Authorized Service Station ) bagi perusahaan ritel sepeda motor Honda PT. Wahanaartha Ritelindo (Wari) memiliki berkah tersendiri. Tidak hanya dari segi bisnis semata, namun limbah bengkel berupa oli dimanfaatkan untuk kegiatan sosial Yayasan Wahana Artha (YWA).

 

16 Wari AHASS yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta Tangerang setiap bulan menghasilkan limbah oli 7.000 hingga 10.000 botol. Jumlah limbah sebanyak ini perlu penanganan yang baik sehingga tidak merusak lingkungan sekitar AHASS berada. Guna mengontrol limbah hal ini, Yayasan Wahanaartha menjual oli pada pengepul dan hasilnya diiperuntukkan kegiatan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Menghindari pencemaran lingkungan sekitar bengkel, kami akhirnya mengumpulkannya lalu menjual kepada pengepul. Dengan cara ini, banyak kegiatan sosial positif yang dapat kami lakukan untuk masyarakat yang membutuhkan, “ papar Group Head of External Affairs Wahana, Harmina Montang. Ia menambahkan, program yang berjalan sejak 2010 silam ini, hingga kini mampu membantu kegiatan sosial yang lainnya.

Yayasan Wahana Artha lahir sejak 2012 lalu punya tiga fokus kegiatan sosial dibidang kesehatan, lingkungan, dan pendidikan. Lembaga nirlaba yang didirikan khusus membantu masyarakat tidak mampu ini hingga kini miliki jadwal kegiatan sosial yang padat. “Selain lingkungan, kami juga fokus dibidang kesehatan dan lingkungan seperti kegiatan rumah sehat wahana dan pembangunan laboratorium Honda untuk bidang pendidikan, “ tambah Harmina.

Memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, di bidang kesehatan Yayasan Wahana Artha dirikan Rumah Sehat yang berlokasi di Jatake Tangerang. ratusan masyarakat Januari lalu telah dapatkan beragam layanan dan manfaat kegiatan kesehatan yang dilakukan Rumah Sehat seperti aksi layanan sehat, pos lansia, penyuluhan,hingga pemeriksaan kesehatan reguler.

Sedangkan di bidang pendidikan, menggandeng PT. Astra Honda Motor (AHM), Wahana telah membangun 52 Laboratorium Honda di beragam SMK diberbagai wilayah Jakarta dan Tangerang. Laboratorium Honda merupakan bentuk dukungan meningkatkan kualitas lulusan SMK. Selain membangun bengkel berstandar AHASS, tools yang digunakan juga sesuai dengan bengkel resmi Honda. Tidak hanya itu, bahan praktek berupa motor juga ikut disumbangkan bahkan lulusan berprestasi akan di tawarkan untuk bergabung dengan jaringan AHASS dibawah PT. Wahana Makmur Sejati. Tahun ini direncanakan sebanyak 10 Laboratium Honda akan dibangun di SMK – SMK terpilih.