Kontes Mekanik Tingkat SMK Upaya Wahana Ciptakan Lulusan SMK Lebih Berprestasi

Tuesday, 04 April 2017

“ Link and match”, adalah tuntutan yang diberikan pemerintah guna mendukung perusahaan swasta untuk melakukan pendidikan, penyaluran hingga pengembangan diri pelajar di Indonesia. Mengacu pada arahan inilah, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) dan PT. Astra Honda Motor (AHM) gencar kembangkan potensi pelajar SMK melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda.

Memantau perkembangan kualitas para pelajar SMK, pada 27 dan 30 Maret 2017lalu, WMS gelar kontes mekanik tingkat SMK regional Jakarta dan Tangerang. Mengusung tema Satu Hati Wujudkan Prestasi, sebanyak 52 pelajar dari berbagai sekolah SMK di Jakarta Tangerang serius ikuti ajang kontes yang berlangsung  dia dua lokasi, Training Center Wahana, Jatake Tangerang dan SMKN 8 Kab. Tangerang. Tahun ini, kontes ‘Technical Contest for Technical High School 2017’ telah memasuki usia ke 8.

“ Kontes ini sengaja dilakukan guna mengetahui tingkat kemampuan dan kualitas pelajar SMK di bidang teknik sepeda motor Honda. Wahana dan Astra Honda Motor komitmen dalam peningkatan kemampuan lulusan SMK mulai dari pemberian kurikulum, pembangunan Lab Honda, hingga penyaluran kerja,” papar Head of Technical Service Function Wahana, Taufiqurrohman.

Seluruh peserta kontes wajib mengikuti beberapa tes yang sudah disiapkan seperti ujian teori, praktek meja, dan troublehooting. Untuk ujian troubleshooting, kontestan dihadapkan dengan masalah seputar PGM FI, chasis, electrical, engine dan permasalahan yang bersifat umum lainnya. Tidak hanya gengsi, pemenang pada kontes ini juga dapatkan hadiah beasiswa hingga jutaan rupiah. Juara satu tingkat regional ini selanjutnya akan berlomba di tingkat nasional yang berlangsung Juli mendatang di Jakarta.

“ Lewat  kompetisi ini, kami bisa melakukan pengawasan terkait perkembangan kualitas, serta bentuk pengajaran kepada para siswa. Hasil yang didapat akan menjadi bahan peningkatan kedepannya,” tambah Taufiqurrohman.

Menggandeng PT. Astra Honda Motor (AHM), Wahana kini telah membangun 52 Laboratorium Honda di beragam SMK diberbagai wilayah Jakarta dan Tangerang. Laboratorium Honda merupakan bentuk dukungan meningkatkan kualitas lulusan SMK. Selain membangun bengkel berstandar AHASS, tools yang digunakan juga sesuai dengan bengkel resmi Honda. Tidak hanya itu, bahan praktek berupa motor juga ikut disumbangkan bahkan lulusan berprestasi akan di tawarkan untuk bergabung dengan jaringan AHASS dibawah PT. Wahana Makmur Sejati. Tahun ini direncanakan 10 Laboratorium Honda akan dibangun di SMK – SMK terpilih.

“Kurikulum,laboratorium Honda, hingga penyaluran yang didapat siswa-siswa SMK merupakan paket lengkap kami untuk menciptakan pelajar SMK yang lebih berkualitas. Selamat untuk para pemenang, agar hasil kompetisi ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi mereka,” tutup Group Head of External Affairs Wahana, Harmina Montang.

Pemenang Technical Contest for Technical High School 2017

  • Juara 1 Ukon, SMKN 8 Kab. Tangerang.
  • Juara 2 M. Iqbal Amrullah, SMKN 3 Tangerang Selatan
  • Juara 3 Rizky Apriyadi, SMK Wipama Cikupa