Wahana Bentuk Pelajar Kreatif Dengan Kompetisi

Friday, 14 July 2017

Selain mendirikan Laboratorium Honda di 54 SMK, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) juga rutin gelar kompetisi di kalangan pelajar tingkat SMA guna memicu sisi kreatifitas pelajar melalui kontes pembuatan makalah ilmiah di berbagai bidang.

Pada Kamis (13/07) kemarin, Wahana kembali gelar final Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2017 yang ke 15. Mengangkat tema Young Entrepreneur, sebanyak 5 finalis beradu presentasi ide dihadapan juri yang berasal dari Wahana dan Astra Honda Motor. Kelima finalis ini merupakan hasil penyaringan ketat yang dilakukan Wahana lewat makalah ilmiah yang dikirimkan sejak Mei 2017 lalu dengan total 50 makalah.

“Kompetisi makalah ilmiah merupakan cara yang kami gunakan untuk memicu para pelajar memiliki ide dan inovasi dan tertentunya dapat bermanfaat jika diaplikasikan pada kehidupan nyata,” papar Head of Corporate Social Responsibility Wahana, Ronnal Prawira pada sambutan pembukaan final AHMBS 2017 di Gd. Wahana Artha Jakarta. Ditambahkannya, dengan kompetisi ini juga dilakukan guna mencari pelajar berprestasi yang sudah melakukan kegiatan wirausaha dan dapat menuangkannya dalam makalah.

Tema Young Entrepreneur sengaja dipilih sesuai dengan kondisi yang saat ini berkembang dan mengajak pelajar untuk lebih kreatif menciptakan peluang usaha. Pasalnya dengan kemudahan teknologi ditambah dengan kreatifitas banyak peluang usaha yang menjanjikan seperti online shop yang tengah digandrungi saat ini. “ Teknologi saat ini sangat membantu perihal kegiatan usaha seperti online shop yang menjamur pesat dan sangat menjanjikanm. Kondisi inilah jadi alasan mengajak anak muda sejak dini berpikir kreatif dan kritis,” tambah Ronnal.

Final AHMBS berjalan, setelah melalui adu argumen serta kewajiban menjelaskan ide dihadapan juri, dipilih tiga pemenang terbaik. Juara pertama berhasil di raih Aisyah Safira dari SMAN 4 Kota Tangerang Selatan dengan judul makalah Artistik Wirausaha Sebagai Pengusung Entrepreneur Muda Berprestasti, Juara 2 Zefanya Alderia Frienzka dari SMAN Kota Tangerang Selatan dengan makalah Pengaruh Promosi Nonton Film Bareng terhadap Entrepreneurship Siswa SMA Negeri 4 Kota Tangerang Selatan, dan juara 3 diraih Gilang Prastiawan dari SMKN 41 Jakarta dengan judul makalah Spatsa Bike, Peluang Usaha Siswa/i dikalangan SMA Negeri 41 Jakarta.

Selanjutnya, untuk juara pertama AHMBS berhak mengikuti kontes tingkat nasional mewakili Jakarta yang di gelar langsung oleh Astra Honda motor pada Juli 2017 mendatang. Pemenang juga dapatkan bantuan beasiswa jutaan rupiah dari Wahana Makmur Sejati, 5 juta rupiah untuk juara 1, 3 juta rupiah juara dua dan 2,5 juta untuk juara ketiga.

Pelajar merupakan tonggak keberhasilan Negara dimasa mendatang, alasan inilah menjadikan CSR Wahana serius dukung peningkatan kualitas pendidikan khususnya tingkat SMA dan sederajat. Bukti dukungan lainnya yaitu dengan miliki 54 laboratorium Honda di SMK yang tersebar di wilayah Jakarta Tangerang.