Wahana Artha Group | Never Ending Passion
open main
open extra
Wahana Artha Group | Never Ending Passion

Wahana Artha Group Sebuah Upaya Kembangkan Diri di Usia ke 44

Berkiprah selama 44 tahun di bisnis otomotif roda dua, Wahana Artha Group (WAG) kembangkan diri di berbagi lini usaha. Sejak tahun Agustus 1972, memulai bisnis sebagai main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang melalui PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), kini WAG miliki bisnis di bidang usaha lainnya seperti transportasi logistik hingga hotel, food and beverage.

Wahana Artha Group memiliki ‘payung’ bisnis dengan identitas PT. Wahana Artha Harsaka yang memiliki anak – anak usaha yang makin berkembang pesat. Adapun anak usaha yang kini dimiliki adalah Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), perusahaan transportasi logistik PT. Tristar Transindo (TST), perusahaan ritel sepeda motor Honda PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI), PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika selaku unit bisnis yang bergerak di bidang customer loyalty, dan anak usaha yang bergerak dibidang hospitality yang menjalankan bisnis perhotelan, restoran serta food and beverage, PT. Sahari Multi Investama (SMI).

“ Wahana Artha Group memulai bisnis pada 1972 setelah mendapatkan kepercayaan Honda menjadi main dealer sepeda motor Honda di Jakarta Tangerang. Bisa dikatakan bisnis ini merupakan bisnis utama kami hingga saat ini,” papar CEO Wahana Artha Group, Robbyanto Budiman. Lebih lanjut dijelaskannya hingga kini WMS berjalan makin kompetitif dengan perkembangan yang baik.

Terdata, tahun 2016 ini, WMS telah memiliki sebanyak 122 dealer Honda di Jakarta Tangerang dengan dukungan 345 layanan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). “ Bisnis penjualan sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang tetap tumbuh meski didera berbagai kondisi ekonomi masyrakat yang kurang baik tahun ini,” papar Head of Marketing WMS, Ario. Memiliki moto ‘The Most Passionate Main Dealer di Indonesia’, WMS merupakan salah satu main dealer sepeda motor Honda terbesar di Indonesia.

Menggambarkan perkembangan bisnis yang di geluti WMS, terdata penjualan hingga Agustus 2016 mencapai 251 ribu meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Dengan beragam produk yang ditawarkan kepada konsumen  di Jakarta Tangerang, sepeda motor Honda masih menjadi produk favorit dengan total market share hingga 67,1 persen,” Tambah Ario. Tiga tipe yang ditawarkan seperti cub, AT (matik) dan sport, tipe matik merupakan penyumbang penjualan terbesar dengan total 86 persen terhadap total penjualan. Gaya konsumen terhadap sepeda motor mulai bergeser dengan memilih tipe sport. Alhasil penjualan sport kini naik 15 persen dibandingkan tahun lalu. “ Kini WMS juga resmi menjadi salah satu main dealer di Indonesia yang memasarkan sepeda motor bermesin besar, Honda Big Bike,” lanjut Ario.

Penjualan sepeda motor Honda yang moncer tersebut berdampak baik terhadap usaha layanan after sales dan penjualan Honda Genuine Parts (HGP). “ Bisnis bengkel resmi mungkin akan menjadi satu bisnis yang akan tetap berkembang dan tidak terpengaruh dengan tingkat penjualan unit. Bisnis ini memiliki masa depan yang sangat menjanjikan,” papar Head of Part Main Dealer WMS, Carlos Sanusi. Terdata, periode Januari hingga Agustus 2016 WMS mampu menghasilkan penjulan spare parts lebih dari 100 miliar. Penjelasan ikut diamini Head of Technical Service Department WMS, Taufiqurahman.  “ Layanan after sales yang maksimal dan jaminan kualitas jadi satu kunci perkembangan bisnis AHASS. Hingga Agustus ini kami mendata ada lebih dari 3 juta unit konsumen Honda Jakarta Tangerang mendatangi bengkel resmi, “ .

Selain WMS, Wahana Artha Group juga bangun perusahaan ritel sepeda motor yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Melalui PT. Wahana Aartha Ritelindo (WARI), usaha yang lahir pada 2010 silam kini telah merambah berbagai wilayah seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Medan, Palembang, Kupang, dan yang terbaru di Kotamobagu. Menurut rencana, WARI juga mengincar wilayah lainnya di Indonesia guna mengembangkan bisnis penjualan sepeda motor Honda. Saat ini total WARI telah memiliki 25 cabang dan 3 outlet.

Unit bisnis yang tidak kalah ‘bersinar’ yang dimiliki WAG adalah PT. Tristar Transindo (TST). Sejak lahir pada 2003 silam, perkembangan bisnis angkutan barang naik tajam hingga memiliki 450 unit berbagai jenis angkutan.  TST juga melengkapi  layanan angkutan mobil (car carrier), angkutan sepeda motor (motorcycle carrier) dan consumer good (cargo) dengan jangkauan yang luas mulai wilayah pulau Jawa, Sumatera, Bali hingga Lombok.

 Memberikan layanan tambahan untuk konsumen sepeda motor Honda, pada 2009 silam hadir PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM). Memiliki 2 layanan customer loyalty, WKM hadirkan Honda VIP Card dan aplikasi Wahana Honda Smart Community. Memiliki kegunaan berbeda, Honda VIP Card merupakan kartu member yang diberikan kepada konsumen dengan beragam keuntungan dengan memberikan beragam potongan harga spesial di banyak merchant rekanan. Sedangkan Layanan aplikasi teranyar Wahana Honda Smart Community memudahkan konsumen Honda untuk dapatkan beragam bantuan mulai dari lokasi bengkel, info produk, hingga layanan darurat teknis sepeda motor. WKM mencatat hingga kini terdaftar 460.542 member aktif pengguna Honda VIP Card.

Bisnis hotel hingga restoran

Peluang bisnis hotel dan kuliner  yang berkembang ditangkap baik Wahana Artha Group. Dibawah ‘bendera’ PT. Sahari Multi Investama (SMI), sebanyak 6 hotel yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia telah berdiri. Hotel tersebut ialah Santika Kelapa Gading Jakarta, Amaris Padjajaran Bogor, Santika Banyuwangi, Amaris Sriwedari Solo, dan Santika Pekalongan. Sedangkan empat hotel lainnya sedang tahap penyelesaian adalah Santika Palembang, Hotel Yello Menteng Jakarta, Santika TB. Simatupang Jakarta dan Santika Jember WAG siap jadi penyedia layanan hotel berkualitas.

 SMI juga membawahi anak usaha di bidang Food and Beverage, PT. Kyochon Indonesia. Restoran ayam goreng berpredikat terbaik dari Korea ini telah memiliki 1.000 outlet di dunia. Kyochon aktif menambah outlet di sejumlah lokasi di Jakarta dan Tangerang. Saat ini Kyochon telah memiliki 8 outlet yang berada di Mall Pacific Place, Mall Kota Kasablanka, Mall Gandaria City, Mall Kelapa Gading, South Quarter Lebak Bulus, Mall Living World Tangerang, Pondok Indah Mall 1, dan outlet terbaru di Rumah Sakit Hermina Kemayoran. Akhir September nanti Kyochon berencana menambah satu outlet lagi Mall Pantai Indah Kapuk Avenue. Setiap tahun, Kyochon Indonesia menargetkan penambahan 5 outlet baru.

Berbisnis dan beramal


Tidak sekedar berbisnis, komitmen menjadi group yang bermanfaat dan dapat membantu sesama jadi perhatian khusus Wahana Artha Group. Memiliki Yayasan Wahana Artha yang fokus pada bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan beragam aksi sosial gencar menolong masyarakat tidak mampu.

 

Dibidang kesehatan, Yayasan Wahana Artha miliki Rumah Sehat Wahana yang terletak di Tangerang dan layani kesehatan bagi masyarakat tidak mampu. Lainnya, Rumah pangan merupakan aksi sosial dalam rangka menambah sekaligus memperbaiki asupan makanan untuk masyarakat yang membutuhkan rutin diadakan setiap minggu. Sedangkan di bidang pendidikan, sejalan dengan kegiatan Corporate Social Responsibilty, saat ini 47 SMK binaan telah miliki Laboratorium Honda. Labortaorium Honda ini dijalankan hasil kerjasama dengan PT. Astra Honda Motor untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK dengan memberikan bengkel, tools standar Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) lengkap dengan bantuan sepeda motor Honda.

 

Guna mengenalkan berbagai perkembangan bisnis Wahana Artha Group tersebut dan sekaligus mempererat jalinan hubungan dengan media massa, External Affaairs Department WAG lakukan media visit ke berbagai media massa. Pada Jumat (16/09), jajaran manajemen yang terdiri dari manajer dan staf WAG sambangi kantor redaksional Indopos guna menjalin hubungan yang lebih baik dan berguna untuk semua pihak.

NEXT POSTS