Corporate Tour Wahana Fasilitas Pendukung Bisnis Wahana Artha Group

Wednesday, 28 March 2018

Ajak jurnalis kenal lebih dekat Wahana Artha Group, Corporate Communication Department Wahana gelar Corporate Tour. Rekan jurnalis diajak langsung melihat beragam Fasilitas dan bisnis Wahana Artha Group di Jakarta dan Cimanggis Depok.

Dimulai sejak pagi, sebanyak 25 rekan jurnalis dari berbagai media massa cetak dan online, corporate tour dimulai dari kantor pusat Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati di gedung Wahana Artha Jl. Gunung Sahari Raya 32. Di gedung berlantai delapan ini, selain menjadi kantor pusat Wahana Makmur Sejati, di gedung ini juga menjadi kantor pusat lini usaha Wahana Artha Group di bidang Hospitality, Food and Beverage, PT. Sahari Multi Investama (SMI) dan PT. Kyochon Indonesia.

SMI merupakan anak usaha yang saat ini fokus mengurusi bisnis di bidang hotel yang dimiliki seperti Santika Kelapa Gading Jakarta, Hotel Amaris Padjajaran Bogor, Hotel Amaris Pekalongan, Hotel Santika Banyuwangi, Hotel Santika Palembang, dan Hotel Amaris Taman Sri Wedari di Solo Jawa Tengah. Sedangkan PT. Kyochon Indonesia adalah pemegang master franchise restoran ayam goreng khas Korea. Saat ini restoran Kyochon telah memiliki beberapa outlet yang berada di Mall Pacific Place Jakarta, Hotel Gandaria City, Mall Pondok Indah Mall 2, Hermina office tower Kemayoran, Mall Kelapa Gading 2, Mall PIK Avenue dan Mall Kota Kasablanka.

Masih di gedung Wahana Artha, rekan media juga diajak berkeliling seputar showroom, Honda Big Bike lounge, Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Wahana, serta layanan after sales konsumen Honda Big Bike yang lengkap dengan ruangan dyno test yang biasa digunakan mengetes performa motor Honda Big Bike. Untuk infomasi, Wahana Makmur Sejati merupakan salah satu main dealer yang ditunjuk PT. Astra Honda Motor sebagai penjual sekaligus penyedia layanan after sales Honda Big Bike.

“ Kegiatan pertama kali ini sengaja kami gelar untuk rekan jurnalis untuk mengetahui lebih dalam Wahana Artha Group. Layanan dan fasilitas yang kami miliki merupakan satu bentuk untuk menghadirkan layanan terbaik konsumen kami,” jelas Group Head of Corporate Communication Wahana, Taryudin. Ditambahkannya tidak hanya di ajak media berkeliling di kantor pusat Wahana Artha Group, Wahan juga ajak media ke Gudang distribusi Cimanggis, Gudang spare parts, dan anak usaha yang bergerak dibidang transportasi logistik, PT. Tristar Transindo (TST) yang semuanya berada di Cimanggis Depok, Jawa Barat.

Gudang Distribusi

Rata- rata menjual 400.000 unit sepeda motor Honda di Jakarta Tangerang setiap tahunnya, Wahana Makmur sejati miliki 2 gudang distribusi yang berada di wilayah Cimanggis Depok, Jawa Barat dan Gudang distribusi Wahana Jatake, Tangerang. Untuk gudang ditribusi Wahana Cimanggis merupakan gudang pertama yang dimiliki Wahana.

Gudang ini tampung 7.000 unit motor untuk distribusi unit dealer – dealer motor Honda di wilayah Jakarta. Setiap hari sebanyak 800 hingga 1.000 unit masuk ke gudang. Semua tipe motor Honda yang berada di gudang seperti AT, Sport, dan Cub didata menggunakan scan barcode. Menjaga pasokan distribusi unit ke dealer jaringan Wahana, kini satu gedung baru yang tengah dibangun di Jatiasih Bekasi dengan kapasitas 7.000 unit akan segera beroperasi.

Usai mengetahui cara wahana menangani pendistribusian sepeda motor, selanjutnya media datangi sentra distribusi spare part Cimanggis,Berlokasi di wilayah Tapos, gudang spare part terdiri dari 4 lantai dengan kapasitas penyimpanan hingga 456.000 jenis spare part. Gudang Cimanggis melayani pemesanan spare parts 350 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Jakarta Tangerang.

Pada yang lokasi yang sama juga terdapat kantor pusat PT. Tristar Transindo, anak usaha Wahana Artha Group yang  berbisnis di bidang tranportasi logistik. Beragam layanan angkutan tersedia lengkap mulai dari 140 motor carrier yang tersedia dengan kapasitas 6 hingga 120 unit sepeda motor. Selain motor, sebanyak 99 car carrier dengan kapasitas 1 hingga 6 mobil.

Selain layanan pengangkutan otomotif roda dua dan empat, PT. Tristar juga miliki 69  truk bus berbagai tipe mulai dari truk engkel box, dobel engkel box sampai wing box. Selain pengangkutan umum dan korporat, Tristar, juga berikan layanan premium towing mobil mewah dan konsumen motor besar. Tristar berikan layanan seluruh armada yang tersedia mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara Barat. Selain angkutan logistic, Tristar juga sediakan layanan rental mobil hingga sepeda motor untuk keperluan korporat.

“ Wahana Artha Group tahun ini masuki usia ke 46 pada Agustus mendatang. Seluruh bidang usaha berkembang baik berkat keseriusan berikan layanan terbaik bagi konsumen,” tutup Taryudin.