Wahana Artha Group Geliat Ekspansi Bisnis Hingga Aktif Menolong Sesama

Friday, 24 June 2016

Wahana Artha Group (WAG) makin gencar lakukan pengembangan usaha di berbagai lini bisnis. Setelah sukses membuktikan diri menjadi salah satu Main Dealer sepeda motor Honda terbesar di Indonesia dengan total penjualan hingga 400.000 unit setiap tahun, kini perusahaan yang berada di bawah payung PT. Wahana Artha Harsaka  agresif jajal bisnis lain diluar dunia otomotif, seperti hotel dan restoran.

Memulai bisnis pada 1972, WAG memulai perjalanan bisnis sebagai distributor sepeda motor Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang. Memasuki usia ke 44 tahun pada Agustus mendatang, kini WAG melalui anak usaha Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) telah miliki 123 dealer dengan dukungan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) sebanyak 343 di wilayah Jakarta dan Tangerang. Tidak berhenti sampai disini, jumlah tersebut akan terus berkembang seiring dengan tuntutan konsumen yang terus meningkat. Sejak memulai bisnis, WMS merupakan anak perusahaan utama dengan visi ‘The Most Passionate Main Dealer di Indonesia’.

“Berangkat dengan semangat Never Ending Passion yang dianut, Wahana Artha Group berusaha menjadi lebih besar dengan membangun berbagai lini bisnis,” papar Chief Executive Officer Wahana Artha Group, Robbyanto Budiman. Ditambahkan oleh Robbyanto, unit bisnis otomitif roda dua diprediksi tetap tumbuh terlihat dari total penjualan yang memuaskan setiap tahunnya.

Menegaskan ‘kekuatan’ bisnis utama WMS selaku Main Dealer sepeda motor Honda, Chief Marketing Officer WMS, Edi Setiawan beberkan fakta dan data. “Meski kondisi ekonomi dan daya beli masyarakat belum seratus persen pulih, namun WMS berhasil menunjukan pergerakan positif. Sepanjang 2016, penjualan unit mendekati angka 200.000 untuk seluruh tipe sepeda motor,” papar Edi Setiawan dalam acara buka bersama wahana dengan rekan jurnalis di gedung Wahana Artha, Jakarta Jumat (24/10).

Selain total penjualan tahunan yang memuaskan, WMS turut ramaikan pameran multi produk nasional Jakarta Fair Kemayoran 2016. Sejak pembukaan pada 10 Juni lalu, antusias masyarakat terhadap produk Honda juga baik. Tercatat hingga tanggal 23 Juni WMS berhasil membukukan penjualan berbagai tipe sepeda motor Honda mencapai 1.150 unit (all type).

Dalam rangka memudahkan budaya mudik menjelang hari lebaran, WMS sediakan Posko Mudik Bale Santai Honda di area SPBU Jayanti Tangerang. Beroperasional 24 jam sejak 1 hingga 7 Juli pemudik dapat menggunakan fasilitas layanan khusus mudik ini. Tidak hanya tempat istirahat, mekanik dan penggantian spare part juga tersedia. Melengkapi layanan, WMS sediakan beragam kebutuhan pemudik mulai dari takjil, arena anak, hingga jaringan internet gratis.

Anak usaha lain yang bergerak di bidang otomotif yang berkembang secara baik lainnya adalah PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI).  Unit usaha yang bergerak dibidang ritel sepeda motor di seluruh Indonesia ini mulai beroperasi sejak 2010. Saat ini, WARI aktif berkembang ke berbagai wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Medan, Palembang dan Kupang. “ Kami tengah mengincar wilayah lainnya di Indonesia guna memasarkan sepeda motor Honda lengkap dengan

layanan purna jual dan penjualan Honda Genuine Parts,” papar General Manager WARI, Yudi Martono. Ia menambahkan kini WARI memiliki 23 cabang dan 3 outlets.

Tidak hanya penjualan sepeda motor, WAG juga mengembangkan bisnis jasa transportasi logistik sejak 2003 silam lewat PT. Tristar Transindo (TST).  Mengawali langkah sebagai penyedia tranpsortasi terpercaya dan handal untuk jasa angkutan sepeda motor (motorcycle carrier), kini TST berkembang menjadi penyedia layanan angkutan mobil (car carrier) dan consumer good (cargo). Jangkauan TST makin luas dengan merambah wilayah pulau Jawa, Sumatera, Bali hingga Lombok. “ Mengakomidir kebutuhan layanan transportasi yang terus meningkat. Kini TST menyediakan truk angkutan motor, mobil dan wing box hingga rental dengan total armada 438 unit,” jelas Direktur TST, Yos Darmawan.

Terkait penjualan dan layanan, Wahana Artha Group sangat memperhatikan tingkat kepuasan konsumen. Menjaga customer loyalty, lahir anak usaha PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM) yang beroperasi sejak 2009 silam. Kini sebanyak 444.682 member aktif dari konsumen sepeda motor Honda di Jakarta Tangerang menggunakan layanan program Honda VIP Card Plus. “Melalui kegiatan customer retention kami berikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen motor Honda. Saat ini Honda VIP Card telah bekerjasama dengan 60 merchant dan 289 outlet yang sangat dibutuhkan konsumen. Tidak hanya itu program asuransi kecelakaan juga terdapat dalam layanan yang kami sediakan,” papar Cindy Atmaja, Direktur WKM.

Rambah bisnis hospitality, food and beverage

“ Merambah peluang bisnis lainnya, Wahana Artha Group coba rambah bidang perhotelan dan Food and Beverage di bawah naungan PT. Sahari Multi Investama. Saat ini kami telah memiliki 625 kamar hotel di seluruh Indonesia dan terus akan berkembang,” tegas CEO Wahana Artha Group, Robbyanto Budiman.

Dengan total lebih dari 625 unit kamar yang tersebar di beberapa hotel seperti Santika Kelapa Gading Jakarta, Amaris Padjajaran Bogor, Santika Banyuwangi, Amaris Sriwedari Solo, dan Santika Pekalongan. Sedangkan empat hotel lainnya sedang tahap penyelesaian adalah Santika Palembang, Hotel Yello Menteng Jakarta, Santika TB. Simatupang Jakarta dan Santika Jember WAG siap jadi penyedia layanan hotel berkualitas.

Selain hotel, SMI juga membawahi anak usaha di bidang Food and Beverage yaitu. PT. Kyochon Indonesia. Master Franchise ayam goreng khas Korea dengan suguhan beragam menu olahan daging ayam ini aktif menambah jumlah outlet di Jakarta. Saat ini Kyochon memiliki 7 outlet yang berada di Mall Pacific Place, Mall Kota Kasablanka, Mall Gandaria City, Mall Kelapa Gading, South Quarter Lebak Bulus, Mall Living World Tangerang, dan outlet terbaru di Pondok Indah Mall 1. 

Di outlet terbaru Kyochon di food court Area 51 Pondok Indah Mall 1 dibuka pada April lalu, Kyochon meluncurkan dua menu baru yaitu Chicken Cutlet Bibimbap dan Chicken Cutlet with Garlic Butter Rice. Chicken Cutlet Bibimbap adalah hidangan nasi campur khas Korea yang terdiri dari potongan paha ayam, tumisan aneka sayur, scrambled egg, serta ditaburi dengan garlic chips. Sedangkan pada hidangan Chicken Cutlet with Garlic Butter Rice, konsumen bisa menikmati potongan daging paha ayam dengan nasi goreng garlic butter serta scrambled egg dan dilengkapi dengan acar bawang & sayuran. Potongan ayam di menu tersebut dapat dinikmati dengan pilihan saus original soy garlic atau red spicy.

Kedua menu baru Kyochon ini diharapkan dapat memanjakan selera pelanggan setia Kyochon.

Kyochon sebagai penyandang predikat the Best Chicken Wings versi NBC New York selalu berkomitmen untuk selalu menjaga konsistensi rasa, kualitas produk, serta kesehatan konsumennya. Tanpa kandungan MSG, sajian ayam goreng Kyochon juga di masak dengan Canola Oil bebas lemak jenuh, serta menggunakan bahan-bahan yang halal. “Demi memberikan sajian terbaik, Kyochon  memegang teguh 3 janji yaitu kami tidak menyediakan makanan cepat saji, hanya menggunakan bahan alami yang segar, dan selalu menyediakan hidangan ayam yang sehat” papar CEO Kyochon Indonesia, Ingrid Firmansyah.

Gencar lakukan aksi sosial

Tidak sekedar berbisnis, komitmen menjadi group yang bermanfaat dan dapat membantu sesama jadi perhatian khusus Wahana Artha Group. Memiliki Yayasan Wahana Artha yang fokus pada bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan beragam aksi sosial gencar menolong masyarakat tidak mampu.

Dibidang kesehatan, Yayasan Wahana Artha miliki Rumah Sehat Wahana yang terletak di Tangerang dan layani kesehatan bagi masyarakat tidak mampu. Lainnya, Rumah pangan merupakan aksi sosial dalam rangka menambah sekaligus memperbaiki asupan makanan untuk masyarakat yang membutuhkan rutin diadakan setiap minggu. Sedangkan di bidang pendidikan, sejalan dengan kegiatan Corporate Social Responsibilty, saat ini 47 SMK binaan telah miliki Laboratorium Honda. Labortaorium Honda ini dijalankan hasil kerjasama dengan PT. Astra Honda Motor untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK dengan memberikan bengkel, tools standar Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) lengkap dengan bantuan sepeda motor Honda .

“ Menyambut datangnya hari lebaran 2016, kami rutin adakan mudik bareng untuk keluarga besar Wahana Artha Group, AHASS, dan ojek Mitra Polisi. Tahun ini adalah mudik bareng kesembilan yang kami gelar,” papar Group Head of External Affairs Wahana, Harmina. Acara yang akan berjalan pada Jumat (01/07) di Polda Metro Jaya tersebut menyediakan 30 bus yang melayani jurusan Jakarta Solo Via utara dan dan selatan.

Beragam ekspansi bisnis dan kegiatan sosial yang dilakukan merupakan satu langkah Wahana Artha Group untuk menjadi perusahaan terbaik di bidangnya dan juga bermanfaat bagi masyarakat luas. Wahana Artha Group mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1437 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin.