Wahana Artha Group Tetap Berkembang Meski Pasar Lambat

Monday, 23 January 2017

Pasar yang diprediksi kurang ‘bergairah’ namun Wahana Artha Group berhasil menutup tahun 2016 dengan catatan bisnis yang baik. Seluruh anak usaha di bawah payung PT. WahanaArtha Harsaka (WAH) yang ‘bermain’ di bidang otomotif, transportasi, customer loyalty, hingga hospitality, food and beverage mampu menunjukan peningkatan positif.

Salah satu bisnis utama yang telah berjalan 44 tahun, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang PT. Wahana makmur Sejati (WMS) berhasil mendulang sukses ditengah kelesuan bisnis otomotif 2016. Hingga akhir Desember , WMS mencatat total penjualan mendekati angka 400.000 (all type) unit naik dibandingkan tahun 2015 dengan total penjualan 380.000 unit. Jumlah ini sekaligus mengukuhkan sepeda motor Honda meraih pangsa pasar sebesar 68.1 persen di wilayah Jakarta dan Tangerang.

 “Kita berhasil membukukan penjualan cukup baik pada tahun 2016. Porsi penjualan sepeda motor terbesar masih dipegang tipe matic sebesar 345.000 Unit,” Jelas Head of Marketing WMS, Ario. Disambungnya lagi, kini minat masyarakat terhadap tipe motor juga mengalami perubahan tren. Terjadi kenaikan penjualan untuk tipe sport dengan total penjualan 28.000 unit yang disumbangkan dari berbagai tipe sport Honda seperti CB150R, CBR150R, dan CBR250R.

Kualitas dan layanan menjadi kunci suksesnya penjualan sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang. Didukung 120 dealer dan 350 bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), WMS siap berikan layanan optimal di Jakarta Tangerang. Tidak hanya untuk tipe – tipe motor Honda umum (Cub, AT, Sport), WMS kini juga memasarkan sekaligus berikan layanan purna jual sepeda motor Honda berkapasitas mesin besar, Honda Big Bike. “ Minat masyarakat terhadap Honda Big Bike terus meningkat. Itulah sebabnya kami berikan berbagai layanan premium untuk konsumen Honda Big Bike, “ kata Head of Technical Service Department WMS, Taufiqurrohman.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Taufiqqurohman, untuk memaksimalkan waktu sekaligus memberikan kenyaman kepada konsumen, kini ditawarkan Pit Express. Layanan terbaru ini dipastikan antrian konsumen tidak akan terjadi saat melakukan service di AHASS. Berkat layanan yang prima tersebut, Technical Service Department mencatat sepanjang 2016, jumlah unit entry AHASS mencapai 5.000.000 unit (all type).

Masih terkait dengan bisnis otomotif WMS, imbas terjaganya total penjualan memberikan dampak positif untuk penjualan spare part Honda Genuine Parts (HGP). Sepanjang 2016, terdata penjualan spare parts untuk sepeda motor tipe Cub, AT, dan Sport mengalami kenaikan hingga 18 persen. Head of Parts Main Dealer WMS, Carlos menegaskan bahwa pencapaian penjualan parts sepanjang 2016 mencapai 300 miliar lebih. “Tahun ini pencapaian penjualan sangat baik. Itulah sebabnya kami berusaha memenuhi kebutuhan konsumen terkait service dan ketersediaan spare parts sebaik mungkin “, Paparnya.

Selain WMS, Wahana Artha Group juga memiliki anak usaha yang bergerak di bidang ritel penjualan dan service sepeda motor Honda termasuk penjualan suku cadang yang berekspansi di berbagai wilayah Indonesia, PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI). Lahir sejak 2010 silam, kini WARI telah memiliki 27 outlet yang tersebar di berbagai wilayah seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara. WARI juga berencana untuk membuka pelayanan langsung secara periodik di seluruh Indonesia.

Selain bisnis otomotif roda dua, Wahana Artha Group juga miliki anak usaha yang bergerak di bidang transportasi, PT. Tristar Transindo (TST). Sejak dibangun pada 2003, Tristar terus mengembangkan diri sebagai perusahaan transportasi yang handal. Berbagai jenis angkutan lengkap dimiliki dengan total 333 unit. Saat ini Tristar memiliki layanan car carrier, motorcycle carrier, dump truck, towing, cargo, rental mobil hingga rental sepeda motor. Dengan pengalaman yang cukup, Tristar memiliki jangkuan rute yang luas mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali Hingga Lombok.

Konsumen menjadi hal penting pada bisnis-bisnis Wahana Artha Group. Untuk itulah pada 2009 PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM) lahir untuk memberikan layanan tambahan untuk konsumen sepeda motor Honda. Dengan jumlah member mencapai lebih dari 450 ribu, WKM berikan layanan customer loyalty dengan beragam manfaat. Honda VIP card memberikan perlindungan kecelakaan diri bagi pengendara dan bantuan darurat di jalan gratis, juga beragam potongan harga spesial  untuk service dan pembelian spare part di jaringan AHASS dan berbagai merchant rekanan.

Layanan lainnya yang tidak kalah bermanfaat ialah Aplikasi Wahana Honda Smart Community di smartphone dengan Android OS. Aplikasi ini berisi beragam bantuan mulai dari lokasi bengkel, info produk hingga layanan darurat teknis sepeda motor. Untuk saat ini iOS version sedang dalam pengembangan bersama dengan fitur booking service smH di AHASS rekanan.

Gencar Bangun Hotel

Ekspansi bisnis juga gencar dilakukan Wahana Artha Group, lewat PT. Sahari Multi Invstama (SMI) dalam bisnis hospitality, food and beverage. Sudah 6 hotel yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia beroperasi dengan dua operator, Santika dan Amaris. Adapun hotel tersebut adalah Santika Kelapa Gading Jakarta, Amaris Padjajaran Bogor, Santika Banyuwangi, Amaris Sriwedari Solo, Santika Radial palembang dan Santika Pekalongan.

 

Tahun ini SMI juga melakukan pengembangan hotel di berbagai lokasi. Hotel tersebut ialah Hotel Yello Menteng yang akan beroperasi Maret mendatang, dan tiga hotel yang masih dalam tahap pengembangan ialah hotel Santika Jember, dan hotel Santika TB. Simatupang Jakarta. “Bisnis Hotel yang dimulai sejak 2014 kini mulai menunjukkan peningkatan. Itulah sebabnya kami gencar investasi di bisnis ini, “ tutur CEO SMI, Fenfira Tedja.

Selain hotel, SMI juga membawahi anak usaha dibidang Food and Beverage yaitu PT. Kyochon Indonesia. Saat ini, Kyochon telah memiliki 9 outlet yang tersebar di berbagai pusat belanja di Jakarta dan Tangerang seperti Mall Pacific Place, Mall Kota kasablanka, Mall Gandaria City, Mall Kelapa Gading, South Quarter Lebak Bulus, Mall Living World Tangerang, Pondok Indah Mall 1, Rumah Sakit Hermina Kemayoran dan Mall PIK Avenue.   

Menu Kyochon yang menyandang predikat ‘The Best Chicken Wing’ versi NBC New York ini diproduksi dengan bahan terbaik dan segar. Tanpa kandungan MSG, sajian ayam goreng Kyochon juga di masak dengan Canola Oil bebas transfat. “Demi memberikan sajian terbaik, Kyochon punya tiga janji dalam penyajian bahwa kami tidak menyediakan makanan cepat saji, kami hanya menggunakan bahan alami yang segar dan kami menyediakan hidangan ayam yang sehat,” papar CEO Kyochon Indonesia, Ingrid Firmansyah.

 

Fokus Kegiatan Sosial

Diantara kesibukan bisnis yang berjalan, Wahana Artha Group juga menggap perlu memfokuskan diri melakukan beragam aksi sosial mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga lingkungan. Tepat pada perayaan ke 40 tahun Wahana Artha Group pada 2012, didirikan Yayasan Wahana Artha sebagai sarana gerakan sosial untuk masyarakat yang membutuhkan.

Memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, di bidang kesehatan Yayasan Wahana Artha dirikan Rumah Sehat yang berlokasi di Jatake Tangerang. Puluhan ribu masyarakat sepanjang 2016 lalu dapatkan beragam layanan dan manfaat kegiatan kesehatan yang dilakukan Rumah Sehat seperti aksi layanan sehat, pos lansia, penyuluhan,hingga pemeriksaan kesehatan reguler.

Ke depannya, khusus untuk bidang kesehatan, Yayasan Wahana Artha melalui program andalan Rumah Sehat Wahana akan lebih menggiatkan kegiatan yang bersifat promotif dan preventif. “mencegah tentu saja jauh lebih baik daripada mengobati. Edukasi yang lengkap mulai dari langkah agar terhindar sampai dengan pengobatan, kami harapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya yang kurang mampu,’ papar Group Head of External Affairs Wahana, Harmina Montang.

 Harmina menambahkan secara umum, kegiatan sosial yang dilaksanakan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat ataupun komunitas agar ikut aktif terlibat dalam program-program yang menjadi fokus Yayasan Wahana Artha ke depannya.

Kegiatan sosial yang menjadi aksi rutin lainnya adalah rumah Pangan. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperbaiki asupan gizi masyarakat tidak mampu ini dilakukan dua kali dalam seminggu di tiga lokasi, Gedong panjang, Jatinegara, dan Gunung Sahari.

Untuk dunia pendidikan, menggandeng PT. Astra Honda Motor (AHM), Wahana telah membangun 51 Laboratorium Honda di beragam SMK diberbagai wilayah Jakarta dan Tangerang. Laboratorium Honda merupakan bentuk dukungan meningkatkan kualitas lulusan SMK. Selain membangun bengkel berstandar AHASS, tools yang digunakan juga sesuai dengan bengkel resmi Honda. Tidak hanya itu, bahan praktek berupa motor juga ikut disumbangkan bahkan lulusan berprestasi akan di tawarkan untuk bergabung dengan jaringan AHASS dibawah PT. Wahana Makmur Sejati. Tahun ini direncanakan sebanyak 10 Laboratium Honda akan dibangun di SMK – SMK terpilih.